Breaking News
pengertian asuransi jiwa

Asuransi Jiwa: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Layanan asuransi saat ini mengalami banyak mengalami perkembangan, sehingga bisa memberikan perlindungan dari berbagai macam aspek untuk nasabahnya. Salah satu jenis layanan ini adalah tersedia dalam bentuk asuransi jiwa. Simak ulasan berikut ini mengenai layanan asuransi tersebut.

Apa itu Asuransi Jiwa?

Jenis asuransi yang satu ini bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi individu atau perusahaan yang berkaitan dengan musibah pada anggotanya karena penyebab khusus. Asuransi ini juga bisa memberikan pengembalian apabila terjadi karena adanya faktor kematian.

Apabila dijelaskan dengan lebih singkat lagi, maka asuransi ini bertujuan untuk menanggung kerugian finansial yang dialami oleh individu atau keluarga. Anda bisa merasa lebih tenang untuk menghadapi permasalahan finansial dengan menggunakan jenis layanan asuransi yang satu ini.

Jenis-jenis Asuransi Jiwa

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Jenis layanan asuransi ini adalah menawarkan perlindungan seumur hidup atau berdasarkan maksimal  usia nasabah. Batasan perlindungan untuk asuransi ini bagi nasabah adalah dalam usia tertinggi maksimal 100 tahun.

Pada asuransi whole life ini, polis akan memberikan pengembalian premi pada masa akhir. Hal ini berarti premi tidak akan hangus semua apabila usai nasabah melewati 100 tahun. Pada umumnya, asuransi whole life ini berkaitan dengan penyaluran dana pensiun.

Tujuan dari jenis asuransi yang satu ini adalah untuk mempersiapkan masa tua dengan baik, sehingga nantinya akan mendapatkan pengembalian. Premi yang harus dibayarkan untuk asuransi whole life ini juga terjangkau karena biasanya akan dipotong melalui dana pensiun.

  • Asuransi Jiwa Dwiguna

Jenis asuransi jiwa berikutnya adalah dwiguna atau endowment insurance yang bisa disebut juga sebagai tabungan tambahan. Hal ini karena pencatatan sebagian premi yang sudah dibayarkan oleh nasabah akan dimasukkan ke dalam tabungan.

See also  Varian Tabungan Anak BRI Berikut Bisa Jadi Pilihan Anda

Sementara sebagian premi lagi akan masuk ke dalam manfaat proteksi untuk nasabah. Selanjutnya, pada masa akhir polis, ahli waris nasabah akan memperoleh uang tunai berupa tabungan dari sebagian premi tersebut. Ada pula uang pertanggungan yang juga dihitung dari premi nasabah.

Anda bisa memilih asuransi dwiguna ini sekaligus untuk mengatur rencana keuangan jangka panjang. Jenis asuransi yang satu ini bisa digunakan untuk menyiapkan dana pensiun, pendidikan, bahkan pernikahan.

  • Asuransi Jiwa Berjangka

Produk asuransi berjangka mempunyai aturan rentang waktu yang menjadi kesepakatan nasabah dan perusahaan. Rentang waktu asuransi berjangka ini adalah 5 hingga 30 tahun bagi ahli waris agar bisa mendapatkan uang saat nasabah telah meninggal dunia.

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan jenis asuransi ini, sehingga sangat kompetitif. Anda bisa memilih asuransi berjangka berkualitas dengan memperhatikan premi yang kompetitif dan luasnya pertanggungan.

Pertanggungan ini tidak hanya diberikan saat nasabah meninggal dunia saja, melainkan juga dalam keadaan memprihatinkan lain, seperti cacat tetap. Apabila Anda membeli asuransi berjangka tambahan, maka manfaat yang diperoleh akan semakin banyak.

  • Asuransi Jiwa Unit Link

Satu lagi jenis asuransi jiwa yang wajib Anda ketahui, yaitu unit link yang bisa disebut juga sebagai tambahan investasi. Konsep asuransi unit link ini adalah tidak membayarkan semua preminya ke perusahaan, melainkan menggunakan sebagiannya untuk diinvestasikan.

Premi asuransi unit link ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk membayar biaya rutin dan ajang investasi dalam bentuk aset. Investasi ini antara lain adalah saham, obligasi, dan deposito yang tentunya akan mempunyai nilai besar di kemudian hari.

Unit link merupakan jenis asuransi yang bisa dijadikan sebagai pilihan apabila Anda ingin berinvestasi dalam jangka panjang. Cara ini juga bisa digunakan untuk mempersiapkan tabungan dihari tua dengan memanfaatkan aset yang didapatkan.

See also  Contoh Asuransi Bisnis Di Beberapa Perusahaan Asuransi