Breaking News
Software Adalah Perangkat Lunak Komputer dan Ini Jenisnya

Software Adalah Perangkat Lunak Komputer dan Ini Jenisnya

Perangkat lunak komputer  atau software adalah kumpulan program yang tidak memiliki bentuk fisik. Software berupa data yang diprogram, disimpan, dan diformat dalam bentuk digital yang memiliki fungsi tertentu. Terdapat banyak sekali perangkat lunak dengan masing-masing fungsinya.

Pengertian Software

Software (perangkat lunak komputer) merupakan bagian dari sistem komputer, namun software tidak berwujud dan biasanya berupa aplikasi. Komponen utama dari sebuah komputer yaitu software dan hardware. Software dan hardware saling melengkapi menjalankan suatu komputer.

Fungsi software antara lain sebagai dasar kebutuhan komputer, penguhubung antara software lain dengan hardware, dan dapat mengidentifikasi program dalam sebuah komputer. Software juga yang berperan dalam menerjemahkan suatu perintah. Berikut 3 jenis software berdasarkan distribusinya.

Jenis-jenis Software

  • Firmware

Firmware merupakan salah satu jenis penyimpanan perangkat lunak yang hanya bisa dibaca (Memory Read Only). Firmware bersifat paten, artinya tidak bisa dimodifikasi. Sekarang firmware dapat diubah sesuai kebutuhan apabila disimpan pada EEPROM atau Flash ROM.

Firmware termasuk dalam sebuah program yang menyediakan kontrol lever didalamnya untuk perangkat keras. Software ini adalah jenis software yang penting dalam sebuah perangkat keras. Software ini hampir sama dengan sistem operasi dalam komputer.

Firmware dapat mengendalikan perangkat keras. Tanpa adanya, firmware perangkat keras tidak akan bisa menerima perintah untuk dijalankan. Terdapat kumpulan instruksi dalam perangkat lunak ini sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikan, mengontrol, dan mengatur lalu lintas data.

Firmware adalah sebuah perangkat kecil yang berada di dalam perangkat lunak. Contoh Firmware dalam komponen komputer terdiri atas BIOS (Basic Input/Output System), Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), Open Firmware, dan ARCS pada komputer Silicon Graphic.

  • Freeware

Istilah Freeware mempunyai arti aplikasi gratis. Freeware merupakan jenis perangkat lunak (software) gratis yang dapat digunakan dan tidak dibatasi oleh waktu tertentu. Kelemahan dari Freeware yaitu tidak memiliki fitur yang lengkap sehingga penggunaan perangkat lunak ini kurang optimal.

See also  Manfaat Bantuan Kuota Internet untuk Para Mahasiswa

Freeware disumbangkan pada beberapa komunitas, namun memiliki hak pengembang dan pengontrol sendiri. Penggunaan freeware harus sesuai dengan aturan yang berlaku, seperti tidak boleh digunakan untuk kepentingan komersial, serta tidak boleh dimodifikasi dalam bentuk apapun.

Freeware berisi macam-mavam konten seperti aplikasi, source code, wordpress, CMS, phpBB, hingga dokumen (eBook). Contoh software yang termasuk dalam jenis freeware yaitu WhatsApp, Mozilla Firefox, Google Chrome, PhotoScape, ShareIt, Smadav, Avira, Ccleaner dan lain-lain.

  • Adware

Adware yaitu sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis atau tanpa biaya.  Dalam perangkat lunak jenis adware terdapat iklan yang akan muncul pada komputer user. Manfaat dari Adware adalah dapat menyajikan iklan yang relevan yang mungkin akan dibutuhkan oleh seseorang.

Kerugian penggunaan Adware yaitu adanya iklan secara otomatis dengan durasi yang lama dan tidak dapat dilewati. Adware sekarang berubah menjadi merugikan user karena melanggar privasi, produk-produk nya ilegal atau berpotensi ilegal saat user mengunduh file, musik, atau yang lainnya.

Adware dapat menginstal sendiri di komputer. Adware tersimpan dalam aplikasi yang diunduh secara gartis di internet, sehinnga adware mudah menyusup pada komputer tanpa di pasang. Contoh software jenis Adware seperti Babylon, Opencandy, Lightsout, MyStart Search, dan Go.Mail.Ru.

Itulah beberapa jenis software berdasarkan distribusinya. Terdapat lebih banyak lagi jenis software yang dikelompokkan berdasarkan masing-masing kebutuhannya. Software adalah pemegang kunci utama dalam perangkat keras. Tanpa software, perangkat keras tidak dapat berfungsi.