Breaking News
Jenis Perangkat Keras Komputer

Mengenal Beberapa Jenis Perangkat Keras Komputer

Hardware atau perangkat keras komputer merupakan semua jenis komponen komputer fisik yang dapat diliat dan dirasakan secara langsung. Berikut beberapa jenis hardware beserta fungsinya.

Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras bagian perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data ke komputer. Komponen yang satu ini menyediakan tombol alfabet dan angka, kunci fungsi, kunci kontrol, hingga terdapat karakter spesial.

Mouse

Mouse juga termasuk dalam perangkat input komputer yang berfungsi sebagai pengontrol pergerakan kursor pada layar komputer yang ingin dijalankan. Komponen ini memiliki 2 tombol yang mempunyai fungsi yang berbeda.

CPU

Central Processing Unit (CPU) merupakan hardware bagian pengolah data yang memiliki fungsi untuk menjalankan semua intruksi baik dari hardware lain maupun software.

CPU disebut sebagai otak dari sebuah komputer. CPU terdiri dari komponen primer berupa aritfmetic logic yang berguna untuk menampilkan fungsi matematika, logika, serta hasil operasi secara langsung.

Motherboard / Mainboard

Motherboard merupakann papan sirkuit yang memiliki fungsi sebagai tempat dari komponen-komponen komputer lain. Komponen-komponen tersebut seperti processor, RAM, harddisk, VGA, AGP, dan sebagainya.

Motherboard berguna untuk menghubungkan semua perangkat dalam komputer, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja sama dan komputer berjalan lancar. Ini adalah salah satu komponen yang sangat penting pada komputer.

RAM

Random Acces Memory (RAM) merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan semua informasi sementara pada komputer. Selanjutnya, informasi tersebut akan diproses lebih lanjut oleh processor (pengolah data).

Semakin besar jumlah RAM pada komputer, maka juga akan semakin cepat sebuah komputer untuk memproses program. Terdapat 2 macam RAM, yaitu RM Static Random Access Memory (SRAM) dab Dynamic Random Access Memory (DRAM).

See also  Cara Daftar DTKS di Situs Cekbansoskemensos.com

Harddisk

Hard Disk Drive (HDD) atau biasa disebut Harddisk merupakan hardware yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan sekunder secara permanen. HDD ini juga menjadi tempat system operasi dan aplikasi yang sudah terinstall.

VGA

Video Graphic Adapter (VGA) merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk pengolahan data berupa grafik. Data tersebut nantinya akan ditampilkan pada monitor.

Optical Driive (CD Room)

CD Room merupakan perangkat keras yang berguna sebagai tempat membaca serta menulis data yang berasal dari kepingan CD/DVD.

Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer bagian output yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data dari processor dalam bentuk grafis. Monitor termasuk hardware output utama komputer.

Printer

Printer merupakan bagian dari perangkat komputer yang berfungsi untuk mencetak hasil komputasi pada sebuah kertas (hard copy).

Seiring berjalannya waktu, printer tidak hanya digunakan untuk mencetak saja. Printer juga dapat digunakan untuk memindai dokumen (scanning), fotokopi, hingga dapat mengirimkan dokumen seperti mesin fax.

LCD Proyektor

LCD Proyektor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar maupun video yang berasal dari komputer ke sebuah layar.

Prinsip kerja dari LCD Proyektor adalah mengirimkan cahaya dari lampu halide logam yang akan diteruskan dan akan disebarkan melalui komponen warna merah, biru, dan hijau.

Modem

Modulator Demodulator (Modem) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog. Apabila mendapatkan data berbentuk sinyal analog dari luar, maka modem akan mengubahnya dalam bentuk digital.

Speaker

Speaker termasuk dalam perangkat keras komputer bagian output yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari sound card.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis perangkat keras komputer beserta dengan fungsinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

See also  Harga Hosting 1 Tahun Di Beberapa Penyedianya

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

jenis-jenis perangkat keras kopmputer,perangkat keras komputer