Breaking News
tabungan emas pegadaian

Tabungan Emas Pegadaian: Kelebihan dan Kekurangannya

Investasi merupakan hal yang penting untuk disiapkan sejak dini. Saat ini pun, banyak kalangan muda yang melakukan investasi dalam berbagai bentuk, termasuk tabungan emas pegadaian. Investasi tersebut memang bisa menghasilkan tambahan uang yang menggiurkan nantinya.

Dalam hal ini, ada beberapa produk selain tabungan emas yang ditawarkan oleh pegadaian, mulai dari emas mulia dan konsinyasi emas. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan dari investrasi tabungan emas? Berikut penjelasannya.

Daftar Kelebihan

  • Mudah dan Praktis

Kelebihan menabung emas adalah lebih mudah dan praktis dalam cara investasi dan bertransaksi. Investasi emas bisa dilakukan dari mana saja, baik melalui ATM, bank, dan top up saldo tabungan. Dengan begitu Anda tidak harus pergi ke Pegadaian.

  • Lebih Aman dan Terpercaya

Kelebihan selanjutnya adalah lebih aman. Pegadaian menjadi salah satu perusahaan resmi yang memberikan layanan umum untuk masyarakat. Fungsi pegadaian adalah melayani investasi dan transakasi lain.

Semua kegiatan investasi di Pegadaian juga lebih terpercaya karena sudah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Penyimpanan tabungan emas juga aman dan terjamin. Itulah mengapa menabung di Pegadaian bisa dipilih.

  • Lebih Terjamin

Alasan menabung di pegadaian terjamin yaitu menjamin dalam hal keamanan. Hal tersebut bisa dilihat dari laman atau platform yang resmi di pegadaian.co.id. Pengelolaan dan penyimpanan tabungan emas juga dilakukan dengan baik sehingga menguntungkan para nasabah.

  • Administrasi Ringan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh investasi tabungan emas adalah mengenakan biaya administrasi yang ringan. Untuk membuka rekening, biaya administrasi yang dikeluarkan juga tergolong ringan. Hal ini akan menguntungkan bagi nasabah.

Jumlah biaya administrasi yang dikenakan untuk membuka rekening tabungan emas hanya Rp 10.000 saja. Kemudian biaya administrasi untuk investasi emas selama setahun yaitu Rp30.000. Harga sebesar itu sangat terjangkau untuk bisa berinvestasi emas.

  • Bisa Dicairkan Dalam Bentuk Fisik

Kelebihan tabungan emas pegadaian yang paling diperhitungan adalah pencairannya bisa diganti dalam bentuk fisik. Menurut laman resmi pegadaian.co.id, pencairan dalam bentuk fisik tersebut bisa berupa emas batangan seperti UBS, antam, dan galeri.

See also  Ternyata Ini Manfaat TradingView Bagi Trader

Pencetakan tersebut berlaku untuk tabungan emas mulai kisaran 1 gram sampai 100 gram. Selain itu, saldo tabungan emas harus mencukupi untuk melakukan pencairan tersebut. Saldo minimal yang harus dimiliki setelah mencairkan tabungan adalah sebanyak 0,1 gram agar rekening tetap aktif.

  • Bisa Beli Emas Murah

Menabung emas di Pegadaian bisa digunakan untuk membeli emas dengan harga yang lebih murah. Harga murah yang didapatkan tersebut berasal dari jaminan menabung di Pegadaian yang merupakan salah satu penawarannya.

Mengingat investasi emas di Pegadaian bisa dilakukan mulai dengan berat 0,1 gram. Dengan kisaran yang kecil tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk memulai menabung emas karena harganya mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 70.000.

  • Bisa Buyback

Kelebihan menabung emas yang terakhir yaitu bisa melakukan buyback. Jadi Anda bisa menjual emas ke beberapa tempat seperti bank, toko emas, dan tempat terkait lainnya. Inilah yang menjadi keunggulan menabung emas di Pegadaian.

Daftar Kekurangan

Selain kelebihan-kelebihan yang dimiliki, jenis tabungan ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan. Berikut adalah kekurangan yang ada jika Anda melakukan investasi tabungan emas di pegadaian.

  • Ada Biaya Administrasi

Meskipun sedikit, investasi emas ini tetap mengenakan biaya administrasi. Biaya tersebut digunakan untuk beberapa hal. Misalnya saja untuk menitipkan tabungan dan biaya transaksi lainnya. Biaya administrasi pasti dikenakan untuk membantu segala proses yang dilakukan.

Untuk menikmati fasilitas penitipan tabungan selama setahun, maka Anda harus mengeluarkan uang sebesar 30 ribu untuk biaya administrasi. Kemudian untuk mencetak emas batangan atau lainnya, Anda juga dikenakan biaya administrasi sesuai jenis emas batangannya.

  • Ada Ketentuan Berat Minimal Untuk Pencairan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mencairkan tabungan emas maka harus memenuhi berat minimal tertentu. Saldo sisa tabungan juga harus disisakan minimal yaitu 0,1 gram. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga rekening tabungan Anda tetap aktif.

See also  Begini Cara Trading Crypto Harian yang Aman dan Profit

Untuk mencairkan tabungan emas menjadi uang tunai, maka Anda harus memiliki tabungan emas minimal dengan berat 5 gram.

  • Cetak Belum Bisa Dilakukan di Semua Outlet Pegadaian

Untuk mencetak tabungan emas juga masih belum merata. Jadi tidak semua Pegadaian bisa melayani pencetakan transaksi. Pasalnya Anda hanya bisa mencetak order transaksi di tempat Anda membuka rekening tabungan emas.

  • Terdapat Kurs Jual Beli

Kekurangan yang terakhir adalah terdapat kurs jual beli pada investasi emas. Penyebabnya adalah tabungan emas mempunyai selisih saat pembelian maupun penjualan di waktu tertentu. Untuk mengetahui jumlah kurs jual beli saat itu, Anda bisa melihat di laman resmi pegadaian.co.id.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan melakukan tabungan emas pegadaian. Tabungan emas di pegadaian memang memberikan banyak keuntungan untuk masa depan. Di mana hal ini bisa Anda gunakan sebagai investasi jangka panjang.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara berinvestasi emas di bank,investasi emas di pegadaian