keuntungan memiliki tabungan emas

Ternyata Ini Keuntungan Memiliki Tabungan Emas

Tabungan emas merupakan salah satu jenis tabungan investasi jangka panjang yang cukup menjanjikan. Tabungan ini biasanya terdapat di pegadaian berupa tabungan emas pegadaian dan bisa juga secara online melalui marketplace.

Ada beberapa marketplace yang menyediakan tabungan jenis ini, yang diantanya adalah Bukalapak dan Tokopedia. Disini, ada beragam keuntungan yang akan Anda dapatkan dari tabungan ini. apa saja keuntungannya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Harga Emas Cenderung Stabil

Emas mempunyai nilai yang cenderung lebih stabil jika dibandingkan uang maupun barang lainnya. Hal ini disebabkan karena emas tahan terhadap inflasi atau gejolak ekonomi, dan emas cukup mudah untuk dicairkan lagi.

Faktor lain yang membuat harga emas lebih stabil adalah permintaan serta kebutuhan emas di pasaran sangat jelas. Emas tidak hanya barang investasi, namun emas juga diperlukan sebagai gaya hidup. Transaksi emas yang cukup kuat ini, membuat resiko harga emas menurun menjadi rendah.

Setoran Minimumnya Rendah

Tabungan emas pada dasarnya sama seperti tabungan pada umumnya. Anda menyetorkan sejumlah uang, dan uang tersebut dikonversikan menjadi sejumlah gram emas, dan harganya sesuai dengan harga emas yang sedang berlaku.

Setoran minimal untuk tabungan ini hanya sebesar Rp 5 ribu, jadi Anda bisa mencicil setiap bulannya untuk membeli emas. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan nominal yang besar untuk memulai tabungan ini.

Hal ini tentu saja berbeda dengan masa lalu, di mana emas harus dibeli dalam bentuk kiloan atau gram, namun melalui tabungan ini Anda bisa menyicil untuk membeli emas. Hal ini sangat praktis dan cocok untuk Anda yang ingin mulai belajar melakukan investasi.

Tidak Menyimpan Secara Fisik

Keuntungan lainnya dari membuka tabungan emas ini adalah, Anda tidak perlu menyimpan emas secara fisik dan takut kehilangan. Lembaga tempat Anda membuka tabungan bertanggung jawab terhadap penyimpanan emas tersebut.

Anda hanya perlu menyetorkan sejumlah uang setiap bulannya, kemudian pihak pengelola akan mengkonversinya dalam bentuk gram emas. Emas tersebut akan disimpan oleh pengelola, sehingga keamanannya lebih terjamin.

Tabungan ini juga memberikan keuntungan yang lain pada investor, salah satunya yaitu tidak perlu menyewa safety deposit box yang ada di bank untuk menyimpan emas. Tempat tersebut diperlukan jika investor mempunyai emas batangan yang cukup banyak.

Menyewa tempat tersebut tentunya membutuhkan biaya tambahan, terlebih lagi jika jumlahnya cukup besar. Tabungan ini akan membantu Anda untuk menghemat biaya penyimpanan.

Lebih Mudah di Cairkan

Emas merupakan jenis investasi yang sangat mudah dicairkan dibandingkan dengan investasi lainnya. Pencairan ini bisa dilakukan secara konvensional maupun secara digital. Emas merupakan logam mulia yang keabsahannya diakui di seluruh dunia.

Selain itu pihak pengelola akan membantu Anda mencairkan emas dengan menyediakan dua alternative pilihan. Pilihan yang pertama, tabungan bisa dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan jumlah sesuai berat dan harga emas pada saat itu.

Anda juga bisa memilih untuk mencairkan tabungan dalam bentuk emas batangan. Logam mulia ini tidak mempunyai risiko kerugian jika Anda menyimpannya dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan harga emas yang selalu stabil bahkan cenderung meningkat tiap tahunnya.

Menjadi Dana Darurat

Keunggulan lainnya dari tabungan berupa emas ini adalah bisa menjadi dana darurat, yang mudah dicairkan kapanpun Anda membutuhkannya. Tabungan ini secara konsep sama halnya seperti tabungan konvensional yang bisa membantu memperkuat finansial Anda.

Dana darurat tentu saja hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Dana darurat akan sangat membantu jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan Anda membutuhkan uang dalam jumlah yang cukup banyak.

Jika nilai uang bisa mengalami penurunan, maka emas akan cenderung stabil saat Anda ingin mengonvensinya dalam bentuk tunai. Tabungan ini juga cocok menjadi dana pensiun maupun dana darurat.

Bisa Digadaikan

Emas juga bisa dijadikan jaminan jika Anda mengajukan pinjaman dan beberapa pengelola tabungan menyediakan fasilitas kredit. Fasilitas tersebut akan menjadikan emas yang Anda tabung sebagai jaminannya.

Hal tersebut merupakan alternative, jika Anda ingin membutuhkan dana darurat namun tidak ingin mencairkan emas yang Anda miliki di tabungan. Fasilitas kredit ini juga mempunyai keuntungan lainnya, yaitu bisa diajukan secara online.

Artinya Anda tidak perlu mendatangi tempat tersebut untuk mengajukan pinjaman, namun langkah ini juga bisa dilakukan melalui aplikasi atau platform online lainnya. Hal ini tentu dinilai sangat praktis, ketika Anda membutuhkan dana sesegera mungkin.

Bebas Bunga

Tabungan konvensional, umumnya memiliki bunga pada setiap bulannya. Akan tetapi tabungan emas ini bebas bunga, tentu saja hal tersebut sesuai dengan hukum syariah. Hal ini bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang ingin melakukan investasi namun takut terjadi riba.

Tabungan emas bisa menjadi solusi investasi bagi Anda, yang sesuai dengan hukum syariah karena bebas bunga. Selain itu, nilai yang Anda cairkan saat melakukan penjualan emas, akan setara dengan nilai yang Anda tabung sebelumnya.