varian tabungan bri

Mengenal 7 Varian Tabungan BRI yang Paling Dikenal

BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan bank yang sangat dikenal oleh masyarakat, karena operasionalnya yang menjangkau hingga ke pelosok-pelosok daerah. Hal inilah yang membuat tabungan BRI memiliki banyak peminat.

Selain mudah diakses, tabungan di bank BRI juga memiliki banyak varian. BRI menawarkan berbagai macam varian tabungan yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda. Berikut ini varian tabungan dari bank BRI yang paling dikenal.

Tabungan BritAma

Varian pertama yang paling populer di masyarakat adalah tabungan BritAma. Tabungan ini merupakan tabungan jenis individu yang menawarkan sistem e-banking pada penggunanya serta sistem online secara real time. Artinya nasabah bisa melakukan transaksi kapan dan di mana pun.

Fasilitas lainnya yang diperoleh oleh nasabah BRI BritAma adalah bisa melakukan transaksi di luar negeri, karena BRI mempunyai kerja sama dengan MasterCard, Maestro serta Cirrus. Keunggulan lain dari produk BritAma adalah adanya transaksi otomatis.

Transaksi otomatis tersebut seperti AFT atau Automatic Fund Transfer, yang bisa mentransferkan sejumlah uang pada rekening BRI yang lain, pada tanggal yang sudah ditetapkan. Adapula fasilitas account sweep, yaitu transfer secara otomatis ke rekening yang lain.

Nominal transfer juga sudah diset batas minimal dan maksimalnya. Anda bisa mendapatkan tabungan ini jika sudah berusia 17 tahun dan melakukan setoran minimal Rp 250 ribu. Biaya administrasi perbulan dari rekening ini adalah 12 ribu (saldo  ≤ Rp10 Juta) atau 11 ribu (> 10 juta).

Tabungan Simpedes

Simpedes merupakan tabungan yang juga banyak diminati oleh masyarakat, bahkan tabungan ini tersedia di hampir seluruh cabang, unit serta teras BRI yang ada di seluruh Indonesia. Dibandingkan dengan BritAma, setoran awal simpedes jauh lebih murah yaitu Rp 50 ribu.

Tabungan ini juga menyediakan fasilitas seperti e-banking dan real time online. Syarat untuk membuka tabungan ini cukup mudah Anda hanya perlu membawa KTP serta NPWP, dan minimal usianya adalah 17 tahun. Anda akan mendapatkan buku tabungan serta kartu ATM.

Keuntungan lain menggunakan tabungan BRI Simpedes adalah adanya undian yang dilakukan oleh BRI setiap tahunnya, khusus untuk nasabah dengan tabungan simpedes. Jika Anda beruntung Anda bisa mendapatkan hadiah dengan total mencapai milyaran rupiah.

Tabungan SimPel

BRI juga mempunyai varian tabungan untuk pelajar yang bernama BRI SimPel atau simpanan pelajar. Tabungan jenis ini merupakan produk dari BRI yang bebas biaya administrasi setiap bulannya, dengan setoran awal Rp 5 ribu.

Tabungan SimPel ditujukan untuk siswa dan siswi sekolah guna mengajari mereka pentingnya menabung. Tabungan ini bisa diatasnamakan siswa tersebut, dan tidak harus diatasnamakan wali atau orang tua siswa.

Tabungan BritAma Bisnis

BritAma Bisnis merupakan varian lain dari BritAma, yang ditujukan untuk tabungan personal. Tabungan ini merupakan tabungan yang khusus untuk urusan bisnis. Kelebihan yang ditawarkan oleh BritAma Bisnis adalah jumlah simpanan yang nominalnya jauh lebih tinggi.

Varian tabungan ini juga memberikan fasilitas bebas biaya administrasi jika saldo rata-rata setiap bulannya 5 juta rupiah. Pencatatan transaksi pada tabungan jenis ini juga lebih detail, sehingga sangat membantu Anda yang mempunyai bisnis.

Tabungan Junio

Tabungan BRI juga mempunyai varian lain yang ditawarkan pada nasabah dengan usia 0-17 tahun, yang ingin membuka rekening, yaitu Junio. Tabungan ini bisa dibuka, dengan syarat jika usia nasabah di bawah 12 tahun, maka orang tuanya harus mempunyai rekening BritAma atau simpedes.

Setoran awal untuk nasabah Junio dengan usia di bawah 12 tahun adalah Rp 100 ribu. Lain halnya dengan nasabah yang usianya antara 12 sampai 17 tahun, maka setoran awalnya adalah Rp 150 ribu. Junio juga menawarkan desain karakter yang unik pada kartu ATM serta buku tabungannya.

TabunganKu BRI

TabunganKu merupakan salah satu tabungan dari BRI yang pasarnya adalah pelajar maupun nasabah yang belum genap berusia 17 tahun. Tabungan ini mempunyai biaya administrasi yang rendah, dan bisa dibuka dengan setoran awal Rp 20 ribu.

Setoran minimum setiap bulannya untuk rekening TabunganKu juga rendah, yaitu Rp 10 ribu. Biaya administrasi akan dikenakan pada bulan ke-7 setelah tabungan di buka sebesar 2 ribu rupiah. Anda akan langsung mendapatkan fasilitas ATM dan juga buku rekening.

Sayangnya rekening jenis ini ATMnya hanya bisa digunakan di ATM BRI dan tidak bisa digunakan di ATM bank lainnya. Tidak hanya itu jenis rekening ini juga tidak bisa melakukan transfer kepada bank lain selain BRI, namun bisa menerima transfer dari bank manapun.

Tabungan Haji

Tabungan Haji adalah salah satu varian tabungan BRI yang terintergrasi dengan SISKOHAT atau Sistem Komputerisasi Haji Terpadu. Artinya nasabah bisa melakukan setoran pada bank BRI, dengan setoran awal Rp 50 rupiah hingga dana tersebut sesuai dengan syarat dari BPIH.

Jika jumlah dana sudah terpenuhi, maka nasabah akan mendapatkan informasi mengenai kepastian kuota haji. Produk ini juga memberikan jaminan asuransi jiwa serta kecelakaan dengan jumlah maksimal 12% dari saldo terakhir, atau maksimal Rp 50 juta.