Breaking News
Pinjaman Online BRI, Ketentuan, Cara Daftar, Dan Syaratnya

Pinjaman Online BRI, Ketentuan, Cara Daftar, Dan Syaratnya

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank pemerintah terbesar di Indonesia, juga berusaha memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya. Diantara layanannya adalah dengan memberikan pinjaman online BRI yang bisa digunakan nasabah apabila membutuhkan dana dengan cepat.

Seperti halnya jasa pinjaman online lainnya, BRI juga menerapkan beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi nasabah untuk bisa mengajukan pinjaman online di BRI. Tentu saja syarat yang diberikan tidak akan memberatkan nasabah,tetapi justru memudahkan nasabah untuk bisa mendapatkan dana.

Ketentuan Mengajukan Pinjaman Online di BRI

Dalam memberikan pinjaman online, BRI  mempunyai ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah, yang dalam hal ini merupakan nasabah yang akan mengajukan pinjaman online. Ketentuan tersebut merupakan ketentuan umum yang harus dipenuhi agar bisa mengajukan pinjaman online.

Nasabah yang akan melakukan pinjaman online adalah nasabah BRI yang dibuktikan dengan kepemilikan rekening BRI. Syarat minimal menjadi nasabah BRI adalah 6 bulan, yang artinya, setelah menjadi nasabah BRI selama 6 bulan terakhir, nasabah baru bisa mengajukan pinjaman online di BRI.

Selain itu, peminjaman dana online di BRI bisa dilakukan oleh perorangan, baik untuk keperluan usaha perorangan maupun untuk keperluan lainnya. Apabila peminjam merupakan pelaku usaha, maka usaha yang dijalankan sudah berlaku minimal selama  bulan berjalan.

Nasabah yang akan melakukan pinjaman dana online di BRI juga disyaratkan tidak sedang menerima kredit usaha dari perbankan lainnya. Tetapi nasabah penerima kredit produk dari BRI seperti KKB, KPR, atau Kartu Kredit BRI, masih bisa mengajukan pinjaman dana online dari BRI ini.

Plafon pinjaman online BRI ini sendiri mencapai Rp. 50 juta dengan suku bunga sekitar 6% setiap tahunnya. Sedangkan tenor yang diberikan untuk melakukan pelunasan adalah antara 12 hingga 24 bulan. Nasabah bisa menentukan tenor tersebut pada saat awal mengajukan pinjaman online.

See also  Mengenal 7 Varian Tabungan BRI yang Paling Dikenal

Syarat Mengajukan Pinjaman Online di BRI

Lalu, apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengajukan pinjaman online di BRI?  Syarat untuk bisa mengajukan pinjaman online di BRI tidak berbeda jauh dengan syarat yang dibuat oleh bank-bank lain, atau jasa pinjaman online yang ada. syarat-syarat tersebut adalah sebagai berikut.

  • Merupakan WNI

Syarat pertama, nasabah adalah Warga Negara Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan kepemilikan kartu identitas resmi yaitu KTP.

  • Merupakan Nasabah BRI

Syarat kedua, nasabah merupakan nasabah BRI yang bisa dibuktikan dengan kepemilikan rekening simpanan di BRI. Syarat ini ditambah dengan syarat minimal menjadi nasabah di BRI adalah selama 6 bulan. Apabila belum ada 6 bulan, maka nasabah tidak bisa melakukan pinjaman online di BRI.

  • Punya SIUP

Surat Ijin Usaha (SIUP) bagi nasabah yang merupakan pelaku usaha. SIUP ini sebagai bukti bahwa nasabah benar-benar merupakan pelaku usaha.SIUP ini bisa diganti dengan surat keterangan dari e-commerce atau ride hailing tempat dimana nasabah menjalankan usahanya.

  • Menyertakan KK

Kartu Keluarga (KK) juga menjadi salah satu dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan pinjaman online di BRI. Dokumen ini biasanya akan diminta dalam bentuk foto copi atau diunggah dalam bentuk foto scan apabila pendaftaran dilakukan secara online.

Cara Mendaftar Pinjaman Online di BRI

Setelah semua persyaratan yang dibutuhkan sudah lengkap, maka nasabah bisa melakukan pendaftaran pinjaman online BRI. Pendaftaran bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat, atau bisa juga dilakukan secara online.

Meskipun pendaftaran pinjaman onine di BRI bisa dilakukan mandiri secara online, akan tetapi lebih baik nasabah datang langsung ke kantor cabang BRI. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahan saat melakukan proses pendaftaran. Adapun langkah-langkah mendaftar adalah sebagai berikut.

  • Pertama, nasabah yang sudah memiliki akun, bisa langsung login melalui tautan resmi BRI. Bagi nasabah yang belum memiliki akun, disarankan untuk membuat akun terlebih dahulu. Melalui akun tersebut, proses pendaftaran pinjaman online akan dilakukan.
  • Langkah selanjutnya, nasabah bisa langsung mengisi formulir yang sudah disediakan. Dalam formulir tersebut nasabah diminta untuk mengisi data lengkap seperti profil usaha, profil pemilik usaha, jenis pinjaman online yang diinginkan, serta besar pinjaman yang diajukan.
  • Setelah semua data dalam formulir diisi lengkap, nasabah akan diminta untuk mengunggah dokumen sebagai bukti. Dokumen yang diunggah adalah KTP, KK, Surat Ijin Usaha, rekening tabungan BRI, dan juga swafoto nasabah dengan memang kartu identitas.
  • Setelah itu akan dilakukan proses digital scoring. Pada tahap ini sistem akan melakukan verifikasi dan juga scoring untuk menentukan apakah pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak. Proses ini membutuhkan waktu paling lama sekitar 1 jam.
  • Sampai di sini langkah pendaftaran selesai. Apabila pengajuan pinjaman disetujui, maka nasabah akan mendapatkan SMS atau pemberitahuan limit kredit yang diterima. Klik “terima penawaran” dan pinjaman dana online nasabah bisa diproses untuk dicairkan.
See also  Pinjaman Online Paling Mudah Prosesnya Tapi Aman

Sebelum melayani pinjaman online BRI, BRI juga sudah memberikan berbagai jenis pinjaman seperti KUR, KBB, dan juga kartu kredit. Dengan adanya pinjaman online ini, diharapkan bisa membantu nasabah untuk memenuhi kebutuhan finansialnya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

pinjaman bri online,pinjaman bri online language:id