Breaking News
Penuhi Ini Untuk Bisa Cairkan Pinjaman Online Terpercaya

Penuhi Ini Untuk Bisa Cairkan Pinjaman Online Terpercaya

Apakah Anda sedang membutuhkan bantuan dana segera tapi tidak ada teman atau saudara yang bisa membantu? Anda jangan panik, coba manfaatkan pinjaman online yang syaratnya sangat mudah dan pencairan yang cepat. Namun, pastikan Anda mendapat pinjaman online terpercaya ya!

Pinjaman online yang baiknya Anda coba selain yang legal pastinya yang memberikan rasa aman, bukan yang ilegal dan justru menyusahkan. Berikut tips yang bisa Anda coba saat mengajukan pinjol legal bunga rendah.

Memastikan Memiliki Nama Baik di BI Checking

Tahukah Anda bahwa di balik kemudahan pinjam uang secara online, mereka menggunakan kurasi yang ketat? Salah satunya dengan memastikan nama calon nasabah mereka bersih atau aman di BI checking.

Nasabah yang memiliki nilai kredit baik di BI checking tandanya adalah pribadi yang bertanggung jawab dalam kredit atau pinjaman.  Selain BI checking, ada yang namanya AFPI. AFPI adalah asosiasi fintech pendanaan Indonesia yang menaungi pinjol legal terpercaya.

Jika sebelumnya Anda pernah melakukan pinjaman online dan gagal bayar, nama Anda bisa tercatat buruk dan menyebabkan tertutupnya akses pinjaman di pinjol legal lain.

Namun, jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan pinjaman baik secara online atau di bank, ini juga bisa jadi alasan ditolak pinjaman online legal. Sebab, belum ada track record yang membuktikan bahwa Anda baik dalam kredit atau pinjaman.

Menggunakan Data KTP yang Jujur

Salah satu dokumen yang penting dalam meminjam uang secara daring adalah KTP. Anda nantinya akan diminta mengisi data KTP yang sebenarnya. Mulai dari foto KTO, selfie dengan KTP, sampai mengisi data lengkap sesuai yang tertera.

Sering kali, orang akan ditolak pinjaman online karena nama yang dicantumkan tidak sesuai dengan KTP, NIK salah, foto KTP yang blur, atau data yang dituliskan tidak sesuai. Selain itu, KTP yang digunakan juga harus sudah e-KTP.

See also  Keuntungan Dapat Pinjaman Online Bunga Paling Rendah

E-KTP dinilai sudah memiliki data-data yang lengkap. Jadi, jika KTP Anda masih KTP lama, kemungkinan gagal akan lebih besar di pinjaman online terpercaya.

Melengkapi Segala Dokumen yang Diminta

Setiap pinjaman online memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang mengharuskan Anda mengunggah file berupa slip gaji, NPWP, bahkan file BPJS. Nah, jika salah satu dari ketentuan yang diminta pinjol tidak Anda lengkapi, jangan kaget jika kemudian gagal menerima pinjaman.

Setelah Anda memastikan bahwa dokumen yang diminta aman, langkah selanjutnya adalah melakukan scan atau foto dokumen yang dibutuhkan dengan jelas. Pastikan tidak ada yang menghalangi atau tertutup. Walaupun sekadar blur, nantinya akan mengganjal keberhasilan mendapat pinjaman.

Memenuhi Persyaratan Umum dengan Baik

Selain data KTP, sejarah pinjaman yang baik, dan dokumen lain yang lengkap, ada syarat umum lain yang wajib dipenuhi. Misalkan saja seperti umur nasabah minimal 20 tahun atau sudah menikah, warga negara Indonesia, dan memiliki pekerja dan penghasilan yang sesuai dengan ketentuan.

Ya, jumlah pendapatan juga sangat penting. Dari jumlah pendapatan akan dilihat apakah Anda akan bisa membayar pinjaman atau tidak. Biasanya juga, Anda akan diminta mengisi tanggal gajian. Tugas Anda adalah mengisi persyaratan dengan jujur.

Ada juga pinjaman online terpercaya yang memiliki kewajiban hanya bisa memberi pinjaman pada nasabah yang tinggal pada kawasan tersebut. Ini karena memudahkan pihak pinjaman online untuk melacak nasabah yang gagal bayar.

Menggunakan Nomor yang Bisa Dihubungi

Untuk bisa meminjam uang di pinjol legal bunga rendah, Anda harus registrasi dengan nomor ponsel atau email. Nah, nantinya nomor yang Anda daftarkan akan dihubungi guna memastikan apakah nomor tersebut aktif atau nomor fiktif.

See also  Review Cara Membuka Aplikasi Akun TikTok yang Diblokir

Jika nomor terbukti tidak aktif, Anda kemungkinan akan ditolak. Ada beberapa pinjaman yang hanya sekadar missed calling, tapi ada juga yang akan melakukan wawancara singkat pada Anda seperti menanyakan keperluan pinjaman, tanggal gajian, dan lain-lain.

Kontak Darurat yang Jujur

Jika sebelumnya yang akan dicek keasliannya adalah nomor ponsel pendaftar, selanjutnya adalah kontak darurat yang didaftarkan. Biasanya kontak darurat pinjol yang diminta berjumlah 3 sampai 5 nomor. Sebagai bentuk keasliannya, mereka akan menelepon atau SMS guna memastikan apakah nomor tersebut asli atau palsu.

Selain memastikan keasliannya, kontak darurat juga mungkin dihubungi guna memastikan apakah status yang dicantumkan benar adanya. Misal, Anda mencantumkan nomor orang tua sebagai rekan kerja. Tentu dua hal ini bertolak belakang dengan data yang dibutuhkan.

Tidak semua pinjaman online melakukan konfirmasi, tapi apa salahnya untuk mengisi kontak yang sebenarnya ‘kan? Dengan begitu, peluang untuk diterima dan mendapat pinjaman lebih cepat.

Nah, berikut tadi 6 tips supaya mendapat cairan dana dari pinjaman online terpercaya. Namun, Anda tetap perlu hati-hati, jangan sampai data yang diberikan malah disalah gunakan. Cukup daftarkan pada  pinjaman online legal dan terdaftar OJK. Selamat mencoba!