Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Daftar Jenis dan Jasa Asuransi Mobil Terbaik di Indonesia

Asuransi mobil merupakan jenis asuransi untuk melindungi mobil dari berbagai kerugian, seperti kecelakaan, rusak, hingga dicuri. Saat ini, sudah banyak asuransi mobil terbaik di Indonesia yang terbukti terpercaya dalam menangani hal ini.

Sebelumnya, ketahui dahulu baha terdapat 2 macam asuransi mobil, yakni  asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Apa pengertian keduanya? Selain itu, siapa saja daftar nama-nama asuransi mobil terbaik yang recommended untuk Anda? Simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

All Risk

Seperti namanya, asuransi mobil all risk akan melindungi semua risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan kesayangan Anda. Jenis asuransi mobil yang pertama ini tidak memandang presentase kerugian, karena kecil maupun besar biaya akan ditanggung oleh penyedia asuransi.

Risiko yang dimaksud bisa seperti mobil yang mengalami benturan sehingga rusak, kecelakaan, hingga mobil yang terkena tindak kriminal dan kejahatan. Hal ini tentu akan menjadi perlindungan yang optimal serta sangat mengutamakan kebutuhan nasabah.

TLO (Total Loss Only)

Berbeda dengan all risk, asuransi mobil jenis TLO ini khusus untuk mengansuransikan mobil bila terjadi kehilangan karena dicuri. Namun, jenis asuransi ini memiliki batasan tertentu dikarenakan kejadian kehilangan yang juga merugikan banyak biaya tentunya.

Daftar Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik

Setelah mengenal perbedaan kedua jenis di atas, selanjutnya Anda wajib mengenali beberapa asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih. Beberapa nama asuransi mobil ini sudah banyak digunakan dan terbukti terpercaya. Berikut daftarnya.

  • Adira

PT Asuransi Adira Dinamika memang dikenal dengan asuransi kendaraan. Terdapat dua jenis asuransi yang ditawarkan, yaitu Adira Autocillin dan Adira Syariah. Keduanya cukup menarik dan menguntungkan untuk dipilih.

Untuk Adira Autocillin, premi dimulai dari 863.940 per tahun. Keuntungan utama adalah mendapat gratis towing dan perpanjang STNK. Cara klaimnya juga hanya butuh waktu 1 hari melalui aplikasi. Jumlah bengkel rekanannya sendiri lebih dari 300 bengkel.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa memilih Adira Syariah. Jumlah preminya sama dengan Autocillin. Keuntungan spesialnya yaitu premi bisa dikembalikan jika memang tidak ada klaim dan disetujui oleh MUI.

  • Sinarmas

Pada daftar kedua ada Sinarmas. Sinarmas menawarkan asuransi mobil dengan premi Rp 781.660 per tahun. Cara kalimnya juga bisa melalui aplikasi. Jumlah bengkel yang bekerja sama dengan asuransi ini ada 84 bengkel. Menariknya, Anda akan mendapat gratis ongkos transport selama mobil masih di bengkel.

  • Mega Insurance

PT Asuransi Umum Mega juga menawarkan asuransi mobil all risk. Asuransi ini bermanfaat sebagai jaminan kesehatan dan kecelakaan. Jumlah preminya pun tergolong murah, yakni hanya 250 ribu per bulan. Jumlah bengkel rekanannya juga lebih dari 250 bengkel di seluruh Indonesia.

  • Allianz

Salah satu asuransi mobil terbaik di Indonesia adalah Allianz. Allianz memang menawarkan asuransi untuk banyak hal. Untuk asuransi mobil, layanannya 24 jam. Keuntungannya bisa meminta ganti rugi terhadap kerusakan dan pencurian, tanggung jawab pihak ketiga, dan biaya transpot selama perbaikan.

Tugu Pratama

Satu lagi rekomendasi untuk Anda adalah asuransi Tugu Pratama. Preminya sangat murah, yakni 33 ribu per bulan. Rekanan bengkelnya pun hingga 307 bengkel secra menyeluruh. Usia mobil yang bisa diasuransikan maksimal 10 tahun dan cara klaim bisa melalui aplikasi.

Kelebihannya adalah, Anda masih bisa melakukan klaim di bengkel non rekanan. Tetapi harus megajukan reimburse kepada pihak asuransi. Namun hal ini boleh dilakukan jika memang benar-benar berada di lokasi yang tidak ada bengkel rekanan Tugu Pratama.

Bengkel non rekanan yang boleh dikunjungi juga sudah harus direkomendasikan oleh pihak asuransi. Jadi tidak semua bengkel non rekanan bisa dikunjungi dengan sistem reimburse. Anda pun perlu menunggu persetujuan lagi dari pihak Tugu sebelum menerima reimburse.

ACA

PT Asuransi Central Asia juga menawarkan asuransi mobil all risk dengan berbagai layanan menarik. Untuk premi per tahun sebesar Rp 781.660. Usia mobil yang bisa diasuransikan maksimal 7 tahun. Anda bisa mendapat mobil pengganti selama perbaikan, namun bengkel rekanannya hanya 90 an bengkel.

Tokio Marine

Asuransi mobil selanjutnya adalah Tokio Marine. Asuransi ini melayani garasi perbaikan bengkel dan call center 1 hari penuh. Manfaat utamanya Anda bisa mendapat biaya ganti rugi, biaya derek dan ambulans. Manfaat lainnya Anda bisa mendapat pengganti tanggung jawab pihak ketiga.

AXA Mandiri

Rekomendasi terakhir yaitu AXA Mandiri. Asuransi mobil all risk dan TLO ditawarkan disini. Cara klaimmya pim sangat mudah, dan tanpa survey. Jumlah bengkel yang bekerjasama dengannya sendiri lebih dari 300 bengkel di seluruh Indonesia.

Keuntungan menggunakan asuransi ini adalah, bisa mendapat biaya perbaikan, dan tanggung jawab hingga 25 juta. Keuntungan lain yang bisa dinikmati adalah Anda bisa mendapat biaya ambulans dan ganti mobil baru jika usia mobil yang mengalami masalah masih berusia maksimal 6 bulan.

Daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia di atas bisa dipilih berdasarkan yang paling bagus menurut Anda. Setiap nama-nama tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari sini bisa disimpulkan betapa asuransi mobil juga penting untuk digunakan sebagai proteksi aset pribadi.